Breaking News

Kementerian BUMN dan Jasa Raharja Apresiasi Hadirnya Layanan SAMOLI di Samsat Kota Yogyakarta



Yogyakarta, Global Netizen.id
 Samsat Kota Yogyakarta terasa berbeda.Deretan kendaraan warga yang datang tidak hanya untuk membayar pajak tahunan,tetapi juga untuk mengganti plat nomor lima tahunan. Semua itu berkat kehadiranSamsat Mobile Lima Tahunan (SAMOLI), sebuah inovasi layanan keliling yangmemungkinkan penggantian plat kendaraan dilakukan di luar kantor Samsat induk.


Kehadiran SAMOLI inilah yang menarik perhatian Kementerian BUMN dan JasaRaharja. Dalam kunjungan dinas ke Kota Yogyakarta, Faturohman, Asisten DeputiBidang Industri Perkebunan dan Kehutanan sekaligus Plt. Asisten Deputi BidangJasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN, melihat langsung prosespelayanan SAMOLI.



Turut hadir Direktur SDM dan Umum Jasa Raharja Rubi Handojo, DirekturKeuangan Jasa Raharja Bayu Rafisukmawan, Sekretaris Perusahaan Jasa RaharjaDodi Apriansyah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset DI YogyakartaWiyos Santoso, S.E., M.A., Kepala Kanwil Jasa Raharja Wilayah DI YogyakartaRegy S. Wijaya, dan Kasubdit Regident Ditlantas Polda DI Yogyakarta RiniAnggraini.
Faturohman tampak antusias saat mendengarkan penjelasan petugas tentang alurlayanan dan manfaat yang dirasakan masyarakat.



 “SAMOLI adalah bukti nyatabahwa pelayanan publik bisa terus berinovasi untuk memberikan kemudahan. Kamiberharap layanan ini menjadi contoh bagi provinsi lain, karena hingga saat iniSAMOLI adalah satu-satunya di Indonesia,” ujarnya.
SAMOLI merupakan terobosan penting dalam pelayanan administrasi kendaraanbermotor. 


Jika sebelumnya proses ganti plat lima tahunan hanya bisa dilakukan dikantor Samsat, kini masyarakat dapat melakukannya di layanan keliling yang lebihdekat dan praktis. Tidak hanya menghemat waktu dan biaya, SAMOLI jugamembantu meningkatkan kepatuhan wajib pajak kendaraan.



Bagi Jasa Raharja, keberadaan SAMOLI sejalan dengan misi perusahaan. SebagaiBUMN yang mengelola Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan(SWDKLLJ), Jasa Raharja memiliki kepentingan langsung terhadap kelancaran dankemudahan layanan samsat. Direktur Umum dan SDM Jasa Raharja Rubi Hando Menegaskan dukungan perusahaan terhadap inovasi ini.


"Kami di Jasa Raharja percaya bahwa inovasi pelayanan publik adalah kunci untukmemberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat. Kehadiran SAMOLI diYogyakarta menjadi terobosan yang patut diapresiasi, dan kami siap berkolaborasiuntuk memperluas penerapannya di daerah lain,” ujar Rubi.



Rubi menambahkan, dukungan tersebut tidak hanya berupa kerja sama teknis, tetapijuga kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertibadministrasi kendaraan bermotor.
Inovasi ini semakin memperkuat reputasi Yogyakarta sebagai daerah yang konsistenmelahirkan gagasan segar di bidang pelayanan publik. 



Kolaborasi erat antarapemerintah daerah, kepolisian, dan BUMN menjadi kunci keberhasilan lahirnyaSAMOLI. Bagi Jasa Raharja, inovasi ini adalah bukti bahwa pelayanan publik bisaadaptif, kreatif, dan berpihak kepada kebutuhan masyarakat.(HUM_JR)

© Copyright 2022 - Global Netizen